Tahapan Bangun Rumah 2 Lantai 6×12 Part 1

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh, kali ini saya akan membahas mengenai tahapan bangun rumah 2 lantai.

nah kali ini kita cukup berbeda karena kali ini kita akan ngebahas video dari channel YouTube yang bernama juen

di sini ada video yang cukup bisa menggambarkan bagaimana rumah dua lantai itu dibangun dari galian sampai benar-benar finishing gitu

terus kemudian nanti jangan lupa juga di subscribe channel tujuannya juga dan nanti ada link di deskripsi untuk video lebih lanjutnya

Nah sekarang kita langsung review videonya oke nah ini

yang pertama adalah denah lantai satunya di denah lantai satunya di S ke-16 nih kita bisa lihat terdiri dari ruang makan dapur ya ruang keluarga 1 kamar tidur dan kemudian ada ruang tamu teras carport dan kamar mandi atau WC

oke terus di sini kita lihat juga untuk denah Lantai duanya denah lantai 2 di sini ada tidur terus kemudian ruang keluarga dan 1 kamar tidur juga untuk yang depan ya balkon mushola kamar mandi dan ada voice juga ini voice BC untuk Taman jadi di atas tuh ada dua kamar tidur ruang keluarga balkon mushola kamar mandi dan juga ada voice

Oke by the way ini rumah ukurannya 6 m * 12 m ya Oke kita mulai nih

Di menit 1 menit 3 detik kita bisa lihat ini pekerjaan bouwplank nih namanya kalau kita bisa nyebut di lapangan boplang jadi bawa pulang Ini fungsinya adalah untuk menarik siku bangunan ya sebelum dibangun di bangun dari nol itu kita tarik siku bangunan dulu melalui bawa pulang ini

dan nanti Grid Grid struktur bangunan juga ditentukan oleh peperangan-peperangan ini

jadi bawa pelangan ini biasanya kita pakai kayu kaso 5/7 dengan papan ukuran 2 * 20 cm

setelah bouwplank itu ketahuan tuh jadi dibawa pulang tahu nanti bakal ada galian tuh ada titiknya di mana-mana aja dan titik pondasinya tuh juga di mana aja nanti semuanya ketahuan

setelah diploting ini bisa lihat kita lihat di 1 menit 53 detik itu galian pondasi kemudian di cor untuk lantai kerjanya ini lantai kerja biasa penggunaannya sih pakai campuran beton biasa 1 banding 2 banding 3 dengan ketebalan paling 5 cm

Oke di 2 menit 19 Detik kita bisa lihat ini untuk cakramnya dimasukin strukturnya biasanya ini pakai besi 12 12 mili atau 13 mili juga bisa 13 mili ulir atau 12 mili polos itu biasanya sih kalau proyek yang pernah kita jalanin ukurannya sekitar 80 senti persegi

Setelah semua cakar ayam ditaruh kemudian adalah pengecoran ini kita bisa lihat di 2 menit 5 detik

terus kemudian di 3 menit 16 detik kita bisa lihat ini adalah pekerjaan bekisting untuk kaki kolom kaki kolom ini adalah fungsinya sebagai penahan sleep nanti ya jadi gap antara pondasi cakar ayam dengan slop itu kan ada ruang kosong ruang kosong itu diisi dengan kaki kolom

itu biasanya kalau di lapangan kita pakai ukuran 20 40 jumlah mesin yang digunakan yaitu 8 tulangan 8 ruangan bisa dipakai besi 12 juga

Nah setelah kaki kolom ini selesai dicor paling 2 hari itu sudah bisa dicopot itu di 3 menit 52 detik

terus kemudian setelah dilakukan pencatatan di gisting yaitu pengurugan tanah lagi untuk lantai kerja dari untuk pengurugan untuk supaya dia rata Kemudian dilakukan pekerjaan pasangan batu kali

ini pasangan batu kali itu fungsinya juga sebagai dudukan ya dulu kan daripada slop dan juga supaya agar tanah itu tidak keluar dari area rumah yang kita bangun dengan pondasi batu kali dia tidak akan ke mana-mana tuh tanahnya pasti akan di dalam rumah itu sendiri enggak bakal keluar keluar

nah terus kemudian di 5 menit 7 detik kita bisa lihat juga itu pengecoran lantai kerja lagi jadi fungsinya supaya batu kali itu ada bantalan dia tidak langsung ke tanah tapi dia nyentuh nya ke cor coran coran ini selanjutnya di pasang batu kali

Nah ini baru kali terus kemudian setelah semuanya terpasang ini untuk biasa sih di bawah sudut semuanya dipasang ya batu kali Ki pemasangan batu kali sudah selesai kaki kolom stek berkolom juga udah ada

nih selanjutnya di menit 66 menit 12 detik itu kita lihat ada pekerjaan galian septic tank terus kemudian septic tank nya bawahnya didasari in lantai beton terus kemudian Masangan bata merah untuk dinding septic tank nya

Nah ini untuk ini balokan Ini fungsinya di 6 menit 8 detik itu adalah untuk dudukan pasangan bata di atasnya ya jadi supaya bawahnya itu ada celah ada rongga antara antara satu kotak dengan kotak yang satunya

oke terus kemudian beralih ke nah ini setelah pemasangan septic tank nadi selanjutnya itu ada pemipaan pekerjaan pemipaan

jadi kita bisa lihat di sini Di menit 7 menit 30 detik itu koneksi antara cara VIP apipa kedokteran atau kamar mandi atas itu terkonek di area kamar mandi atau WC lantai 1 kemudian dia di sebelah atas ya atas layar ini berbelok ke bawah Nih di carport dia untuk selanjutnya masuk ke septic tank

septic tank Kemudian pada menit 7 menit 47 detik di plester Aci ya terus kemudian dibuat bekisting untuk selanjutnya atasnya dicor nah ini pengecoran untuk atas septic tank ini biasanya juga digunakan besi 10 itu udah cukup besi Sepuluh dua rangkap atau dua lapis jangan lupa juga dibuat untuk penghawaan jadi dua pipa ini yang bentuknya huruf t ini adalah ah untuk melawan Di menit kedelapan 10

terus kemudian juga di situ ada 2 buah tutup bak kontrol ya supaya Ketika nanti untuk pengecekan bisa melalui Mbak ini Oke Di menit 8 menit 21 detik di sini bisa kita lihat di sini ada resapan Jadi sebelum masuk ke septic tank berarti ini yang di sebelah kiri adalah pipa pembuangan air bekas nih biasa bukan air bekas yang melewati resapan

Oke pifa sudah terkonek di menit 8 menit 47 detik kita bisa lihat di sini berarti untuk yang ke arah septictank kamar mandi kloset itu ya dia menggunakan pipa yang ke arah kanan yang ke arah kanan ke arah kanan sedangkan yang yang sebelah kiri itu adalah untuk pipa pipa bekas mandi dan juga dari kamar mandi lantai 2

jadi untuk yang air besar itu dia ada di sebelah kanan itu di bisa kita lihat di 8 menit

Oke selanjutnya ditimbun Tanah ini untuk mencapai level 0000 slop ya 00 slop nah ini pembersih untuk stoknya sudah mulai ditaruh di atas pondasi batu kali tadi ini biasanya kalau kita bikin Slow itu untuk 2 lantai ukuran juga 20 40 biasanya sini sama nih 6 batang 6 Batang besi nya itu pakai besi 12 atau misal mau ingin Kuotanya habis pakai besi 13 ulir tapi kalau di perumahan kita biasa 12.12 terus kemudian pakai cincin ukuran 8 mili dengan jarak maksimal 12 cm

Oke selanjutnya pada menit 9 menit 40 detik kita bisa liat ini udah mulai di bekisting seluas-luasnya untuk selanjutnya dilakukan pengecoran bekisting ini bisa digunakan triplek ukuran 9 mili terus Kemudian untuk kayu-kayunya ini untuk menopangnya bisa menggunakan kayu 57 atau 46 juga boleh

Nah selanjutnya sebelum sebelum dilakukan pengecoran sloof ini kita Aa juga ini di sini Di menit 10 menit 12 detik bisa kita lihat untuk pembesian kolom sudah mulai masuk kan ya Ini fungsinya fungsinya adalah supaya nanti pengecoran sloof sekaligus untuk menimbun dari kaki kolom yang yang sudah terpasang ya

jadi jangan lupa juga tadi untuk sloofnya itu juga di atas kolom harus berlebihan jadi harus ada stek dari kaki kolom ke kolom lantai 1

Nah selanjutnya pada menit 11 12 11 11 6 itu juga sudah melakukan pekerjaan pengecoran sloof Oke pengecoran sloof sudah terus kemudian kolom lantai saat ini sudah tertanam pipas sudah tertanam arti sudah oke ya Nah ini jelang 1 hari itu sudah bisa dicopot

bekisting untuk klubnya Kenapa satu hari bisa dicopot ya karena dia tidak gantung ya karena dia tidak seperti balok yang ada di lantai 2 tidak gantung dia makanya bisa cepat dicopotnya

oke keluar tadi lantai satunya kolomnya sudah di bekisting kemudian di menit 12 2 3 nih bisa kita lihat pengecoran kolom mulai dilakukan ya Nah ini biasanya untuk kolom yang sudah pernah kita kerjakan pengantin satu itu ukurannya 1530 dengan Bentang maksimal 4 M ya

Ini udah di cor untuk kolom-kolomnya lantai satu ini juga sama untuk pelepasan di gisting itu bisa dilakukan setelah 1 hari pengecoran 1 * 24 jam ya itu udah bisa dicopot bekistingnya

dan Usahakan kalau misal pengecoran dilakukan tuh jangan sampai ada yang namanya retak dan juga kropos itu nggak boleh

Nah terus kemudian menit 1331 kita bisa lihat disini pemasangan bata tinggi semester dua puluh kurang lebih terus kemudian ada pemasangan ada pemasangan kolom kolom praktis di sudut pertemuan rumah itu adalah fungsinya untuk sebagai pegangannya pegangan dari dinding supaya dia tidak goyang ini di cor kemudian dicat

terus kemudian bisa dilanjut menit 14-17 untuk batal pasangan bata merah nya sampai ke level tinggi nih paling 3 meter setengah

terus kemudian kolom-kolom praktisnya dicor nyambung yang tadi dari bawah ke atas ke

terus kemudian 1455 ini kita bisa lihat pengecoran balok di atas jendela nah ini fungsinya adalah sebagai gawangan ya gawangan jendelanya supaya nanti atasnya itu batangnya bisa kuat ditopang itu tanpa menekan dari jendelanya lanjut masakan Batak lagi berakhir ternyata masih ada penambahan pasangan bata ya

oke pasangan bata semuanya sudah openingan opening Ani seperti tak bisa lihat di menit 15 48 itu semua sudah dicor untuk di atas apa namanya di atas pintu pintu dan jendela belokannya ya

oke lanjut di menit 1607 tidak bisa lihat ini ada galian cakar ayam ini tidak terlalu besar ukuran 60 60 untuk dudukan kanopi ya kanopi beton itu bisa juga menggunakan besi 12 juga boleh full juga boleh tapi Bagusnya sih 12 Walaupun kecil ya ukuran 60 60 terus kemudian yang isinya 4 besi 12

nah kemudian ini mulai memasang bekisting lagi nih untuk balok nih Sepertinya dia menit 1711 ke dan juga Oh ini akan ngecor untuk plat kanopi ya ini dengan konvensional bukan dengan Bondek dan wermes tak bisa lihat pemasangan baloknya ya Ini karena udah bukan balok struktur jadi penggunaannya besinya 44 buah tapi juga alangkah baiknya juga digunakan si 12 dan istrinya ditaruh untuk bekisting kolom nya terus juga untuk plat dak nya juga di digelar

itu pada menit 1814 bisa kita lihat itu satu lapis dia satu lapis berarti kita harus menggunakan besi M10 Ini bisa juga pakai wermes vermes M10

Iya terus kemudian dilanjutkan pengecoran Jadi kalau pengecoran konvensional yang tadi kita lihat ini adalah sistemnya balok dan plat itu di chord Saat bersamaan beda dengan cara buang deh kalau Bondek biasanya baloknya dulu di cor baru kemudian bonekanya ditaruh di atasnya

terus pemasangan bata lagi untuk mencapai level ketinggian di lantai satunya

ya ini pembuatan balok untuk gotong royong biasa menyebut gong leong Iya ini bekisting untuk persiapan balok lantai 2 ya kayak bekisting sudah mulai dipasang bisa juga ini kalau untuk balok yang seperti ini yang menggantung di baik menggunakan triplek ukuran 12 mm dengan penggunaan kas yang di pinggirnya itu kaso 5/7 harus ada lebih besar

Karena ini dia sudah mulai menggantung

ini pasang juga untuk tatakan buat menaruh nanti plat besi plat nya ya untuk anyaman-anyaman plat lantai ini bisa juga pakai triplek 1212 mili atau 1,2 senti

ya balok balok yang ditaruh Nini balok struktur yang isinya 3 pada menit 23 1 Blok struktur ditaruh kemudian yang di pinggir itu cukup hanya 4 lapis aja ya nggak usah 66 isinya

Bagian memang harus nah ini dipasang pada menit 2103 itu terlihat pemasangan untuk plat plat besi nya Dua lapis ini berarti struktural untuk struktural bisa dua lapis ukuran besi dengan diameter 10 mili ya

oke dipasang untuk specta kolomnya teks kolom itu minimal stek itu dari plat panjangnya adalah 40 cm kemudian dilanjutkan pengecoran balok dan plat sekaligus

pada menit 20159 kita bisa lihat di sini elevasi dibedakan antara kamar mandi dengan alat yang biasanya kalau Pak yang biasanya misalnya kita cor Anggaplah 3 + 350 untuk area kamar mandi ini di + 345 jadi turun massa inti Ini

fungsinya adalah untuk elevasi nanti kalau mandi turun dari ruangan yang lain

oke setelah kita punya stek kita lepas regisnya bekisting samping itu bisa dilepas dalam hitungan hari ya 3 sampai 4 hari dah sudah bisa tapi untuk area bawahnya itu minimal banget 14 Hari 14 Hari tapi kalau mau bagus di 21 hari baru dibongkar untuk cor coran untuk bekisting cor coran 4 lantainya

Oke kemudian di menit 2258 kita bisa lihat ini mulai merakit bekisting tangga tangga ini juga sama sebaiknya digunakan triplek 12 mili ke bekisting nya ini tentu sudah diperhitungkan ya untuk kemiringannya berapa derajat menyesuaikan dengan Sisi rumah gitu

untuk ruangannya besaran ruangan dengan elevasi itu berpengaruh nanti sama si kemiringan oke terus kemudian di menit 24 24 5 kita bisa lihat pengisian Tetangga sudah di sudah dipasang ya

Nah ini untuk pembersihan sendiri sebenarnya ini keras banget ini bagus banget buat struktural gitu biasanya juga

Terkadang untuk sikun sikun yang di depannya ini itu tidak digunakan tapi ini di sini digunakan nih Berarti jauh lebih baik untuk secara struktur lebih bagus dia bisa digunakan besi 10 ya dengan kerapatan 12 cm tadi terus

selanjutnya dicor nah ini dan beginian nih udah mulai dibongkar lagi Nah untuk pengecoran tangga ini sendiri ya itu harus bener-bener bagus ya bilang artian benar-benar siku karena hasilnya nanti tangga juga jadinya bagus kalau misal seandainya bagi sinyal kurang bagus biasanya tanggalnya nanti tidak presisi

Oke tanggal sudah kita buat terus ente kolom pipa stekpi Papa juga sudah ada semuanya berarti bisa lanjut pekerjaan di lantai 2 Nah itu dia video part 1 nya dari pekerjaan bouwplank dan pondasi sampingan struktur plat lantai 2 kalau masih ada yang bingung atau mau ditanya silakan komen di kolom komentar.

Silakan lihat video animasinya di Channel YouTube Joen:
https://www.youtube.com/watch?v=XZiPo01ybUE

Referensi: https://www.youtube.com/watch?v=nUOB7QrG8FU

Referensi paket gambar, RAB dan lainnya: DOWNLOAD

Artikel Sebelumnya: Hoki kalau Perabotan Fengshui Disimpan dalam Rumah
Artikel Selanjutnya: Tahapan Bangun Rumah 2 Lantai 6×12 Part 2

Related Posts

Tinggalkan Balasan

© 2021 Gambar Desain Arsitek - WordPress Theme by WPEnjoy